Profil

Struktur Organisasi



Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang mengemban tugas dari pemerintah untuk melaksanakan kegiatan statistik dalam rangka menyediakan data statistik yang lengkap, akurat dan mutakhir serta melakukan koordinasi dalam mewujudkan terciptanya sistem statistik nasional yang andal , efektif dan efisien. Dalam melaksanakan tugas , BPS dilengkapi perangkat lunak kelembagaan antara lain Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997, Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik dan Keputusan Presiden Nomor 103 tahun 2001 tentang Kedudukan , Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen serta perubahannya. Berbagai perangkat lunak tersebut menjamin Kemandirian dan Obyektifitas BPS serta perwakilan BPS di daerah (BPS Propinsi dan BPS Kabupaten/Kota) sebagai instansi vertikal dalam melaksanakan tugas Pemerintah di bidang statistik.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik, BPS Kota Denpasar sebagai kepanjangan tangan BPS Pusat di daerah bertugas menyelenggarakan kegiatan statistik dasar yaitu statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk keperluan yang bersifat luas baik bagi pemerintah (pusat dan daerah) maupun masyarakat umum.

STRUKTUR ORGANISASI BPS KOTA DENPASAR

Dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari Kepala BPS Kota Denpasar dibantu oleh 1 (satu) Sub Bagian dan 5 (lima) Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian atau Kepala Seksi.

Sub Bagian Tata Usaha - merupakan seksi yang bertanggung jawab dalam hal urusan dalam, kepegawaian, perlengkapan, perencanaan, dan keuangan organisasi.

Seksi Sosial - merupakan seksi yang bertanggung jawab dalam melakukan pengorganisasian, pelaksanaan lapangan dan evaluasi kegiatan pengumpulan data statistik sosial termasuk statistik sosial ekonomi, tenaga kerja, maupun ketahanan sosial.

Seksi Distribusi - merupakan seksi yang bertanggung jawab dalam melakukan pengorganisasian, pelaksanaan lapangan dan evaluasi kegiatan pengumpulan data statistik distribusi termasuk statistik harga, pariwisata, maupun ekspor impor.

Seksi Produksi - merupakan seksi yang bertanggung jawab dalam melakukan pengorganisasian, pelaksanaan lapangan dan evaluasi kegiatan pengumpulan data statistik produksi termasuk statistik pertanian, industri, maupun konstruksi.

Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik ( Nerwilis ) - merupakan seksi yang bertanggung jawab dalam melakukan kompilasi data dan pembentukan indikator-indikator statistik seperti Pendapatan Dometik Regional Bruto (PDRB) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) - merupakan seksi yang bertanggung jawab dalam tiga hal yaitu mempersiapkan perangkat/metodologi pelaksanaan sensus/survei, melakukan kegiatan pengolahan data, dan memberikan layanan diseminasi statistik.


Foto
Kegiatan persembahyangan bersama pada saat pelaksanaan kegiatan SENSUS EKONOMI 2006
Video
No Video.
Facebook
Twitter